Ustadz … saya butuh ilmu !!!

Dan Hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dam mencegah dari yang munkar; merekalah orang – orang yang beruntung.” (QS 3:104, Ali Imran) .

Lembaga Dakwah Kampus atau disingkat LDK, merupakan suatu badan organisasi yang pastinya mempunyai visi : “amar ma’ruf nahi munkar” , sungguh begitu dahsyat visi tersebut, sehingga jikalau memang betul dijalankan dengan baik, dan dengan hati yang penuh keikhlasan akan membawa suasana dan budaya kampus menjadi lebih Islami dan madani.

Politeknik Telkom,
Sepertinya halnya dikampus – kampus lain. Di kampus kita pun , kita punya LDK. Namun, sangat disayangkan sekali kawan. Saat ini, LDK dikampus kita kondisinnya sudah mati. Mengapa saya berkata demikian ? . Hal tersebut didasarkan pada kondisi dewasa ini, coba kita semua lihat. Adakah kajian – kajian rutin yang dilaksanakan oleh Badan ini dan bersifat Dakwah ? . Jawabannya “Tidak” , bahkan untuk membuat hal – hal sederhana seperti, mini buletin pun tidak ada.

Sesungguhnya saya tahu, jika eksistensi mereka itu masih ada . Semangat mereka sungguh begitu besar, tapi sangat disayangkan Nyali Mereka Untuk Bergerak Sangatlah Kecil. Saat ini mereka hanya melakukan pembentukan dan transformasi ilmu pada kader – kadernya saja. Memang saya tahu, mengokokohkan internal itu penting, tapi apa daya itu semua dilakukan jika kita tidak bergerak. Saya nilai arah gerak kalian itu “NOL BESAR”. Cobalah berfikir, bahwa dakwah itu tidak hanya dilakukan dengan cara melaksanakan kegiatan – kegiatan besar saja , seperti : dzikir akbar, seminar motivasi dan lain sebagainya.  Tapi bisa dengan cara, membuat buletin sederhana, artikel – artikel yang berbau islami, dan kajian – kajian kecil yang sifatnya rutinitas. Ingat RUTIN .

Jujur saya katakan, tidak ada sedikitpun niatan saya untuk menjatuhkan atau melakukan pembunuhan karakter pada teman – teman semua. Niatan saya tulus, saya ingin teman – teman berubah. Saya sadar, bahwasannya dalam melakukan Perubahan itu amatlah sulit. Tapi kita coba , bersama , sedikit demi sedikit untuk berubah. Ke arah yang lebih baik. Saya kira tidak perlulah melakukan Kegiatan – Kegiatan yang Besar tapi hanya dilaksanakan dalam waktu yang singkat saja. Itu sama saja dengan membuang – buang uang. Cobalah untuk mengaktifkan kembali kajian – kajian keilmuan dengan Mahasiswa. Sesungguhnya mereka menanti – nanti itu semua dari dulu. Namun langkah konkret dari teman – teman LDK belum ada. Janganlah terlalu sering melakukan pencerdasan di tubuh kalian saja, tapi cobalah bagi ilmu itu pada Mahasiswa semua. Sesungguhnya ilmu tersebut akan lebih barokah dan bermanfaat. Hiraukan ocehan, makian, hinaan yang nanti teman – teman dapatkan. Tetap ingat , “Sebaik – baiknya orang di dunia ini, adalah yang bermanfaat untuk orang lain”.

Lebah

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

